Memulai digital marketing untuk bisnis / brand mulai dari mana ya ? oke pertama – tama buat kamu yang udah paham bahwa aktivasi omnichannel untuk bisnis kamu itu hukumnya wajib di zaman sekarang, karena menggunakan hanya 1 channel saja apalagi hanya channel offline akan susah untuk bisnis kamu berkembang. Generasi masa kini atau yang biasa disebut milenial sudah sangat erat kehidupannya dengan berbagai macam platform digital,dari data yg kami dapat rata2 orang indonesia “mantengin” smartphone nya 5,5 hingga 8 jam perhari. oleh sebab itu kita pun sebagai pebisnis harus mulai serius untuk menggrap channel dgital ini. Pertanyaan nya adalah mulai darimana ? Sebelumnya ada beberapa hal yang akan saya share dulu, sederhana nya adalah kita harus memiliki platform sebagai base untuk traffic , lalu kita melakukan kegiatan boost traffic baik yg organik maupun paid untuk membuat base channel kita selalu terisi oleh traffic sehingga selalu terjadi peluang2 conversi / sales. masih agak bingung ? saya sederhanakan lagi, saya akan membuat komparasi dengan istilah di channel offline, katakanlah kamu punya bisnis konveksi , berati kamu membutuhkan workshop / office untuk menerima tamu (calon klien) , inilah yg kita maksud sebagai base platform, yaitu tempat dimana tamu/calon klien kita dapat berjumpa dengan kita dan mendapatkan informasi mengenai produk barang / jasa yang kita tawarkan, setelah kita memiliki base , maka kita juga harus melakukan kegiatan promosi sehingga banyak orang yang tahu lalu berkunjung hingga akhirnya terjadi sales. Begitupun dalam dunia digital, hal seperti diatasa wajib kita lakukan supaya bisnis dapat berkembang dengan baik. Oke mari kita lanjutkan , apa saja platform base yang bisa menjadi “ workshop / toko” digital kita . berikut beberapa platform yg dapat kita gunakan :
- website
- facebook page
- youtube channel
- grup whatsapp
- channel telegram
- line@
- dll
dengan seiring banyak nya platform2 baru yang terus bermunculan maka akan terus bertambah pula tempat2 yang bisa kita manfaatkan sebagai base untuk berjualan dan mengembangkan bisnis kita, apabila bisnis kamu masih berskala kecil kita bisa mulai dari yg paling sederhana yaitu membuat akun instagram & facebook page untuk bisnis / brand kita, kemudian memasukan segala informasi kedalam nya, sehingga saaat ada tamu yang berkunjung mereka bisa dengan mudah mengetahui informasi tersebut. Namun apabila bisnis kamu sudah cukup besar dan mampu untuk membiayai nya maka membuat website profesional adalah pilihan terbaik, karena website adalah base platform yang dimiliki 100% oleh kita. Artinya kita bisa mengatrur semua hal yang berada didalamnya sesuai kebuthan dan keinginan kita.Selain dari hal itu website juga tempat yang paling ideal sebagai penunjang bisnis karena dapat difungsikan untuk media seling maupun branding di satu tempat dan semua nya dapat dijalankan otomatis. Contoh nya apabila kita berjualan di paltform instagram, maka pengunjung untuk dapat melakukan pembelian sangat tergantung dari feedback dari kita sebagai pengelola bisnis, karena mereka akan bertanya berapa harga nya, ato berapa ongkir nya, lalu ada motif apa saja dll, yang sebenarnya hal2 tersebuyt sudah dapat diakomodir lebih simple dan lebih ideal dengan website.namun tentu saja website yang mampu menjalankan hal2 tersebut adalah website yang sudah diatur dengan spesifikasi dan berbagai plugin tertentu.dan hal – hal tersebut cukup membutuhkan biaya dalam pembuatannya, tidak seperti akun facebook atau instagram yang gratis. Setelah memiliki base platform, maka masukan lah semua informasi bisnis kita dengan lengkap dan jelas supaya mudah di pahami oleh orang2 yg membacanya, jangan lupa sertakan kontak untuk memudahkan calon konsumen berkomunikasi apabila ada hal ingin ditanyakan. Selain itu usahakan kemas tampilan sebaik mungkin , karena hal ini juga mempengaruhi kenyamana serta kepercayaan konsumen, semakin baik tampilan website maka reputasi bisnis
tersebut semakin naik, dan membuat calon konsumen menjadi yakin . Apabila kamu tidak memiliki kemampuan yang cukup baik dalam pembuatan konten dan design, saat ini sudah sangat banyak jasa agensi atau profesional yang tersedia untuk membantu dengan harga dan kualitas pekerjaan yang bervariasi. Selanjutnya setelah memiliki home base yg baik maka hal yang harus kita lakukan adalah kegiatan marketing / promosi, tujuan nya supaya homebase kita tersebut selalu dikunjungi orang supaya tercipta peluang sales. Hal ini juga sangat berperan penting dalam pertumbuhan bisnis, bahakan dapat dikatakan sebagai salah satu kunci sukses di dunia digital. Mungkin beberapa dianatara kalian pernah mencoba membuat akun instagram lalu sudah memuat semua informasi yang cukup namun tingkat enggagement nya sangat rendah dan dirasa tidak berpengaruh banyak ke bisnis kalian.Hal ini bisa kalian rasakan dari sedikit nya pertambahan follower akun ig tersebut , serta minimnya jumlah likes ataupun komentar. Hal ini cukup membuat frustasi banyak orang awam , karena mereka beranggapan setelah membuat akun lalu rajin posting maka otomatis dengan cepat akan banyak orderan yang muncul, padahal konsep nya tidak seperti itu. Mari kita coba kita komparasi lagi kepada bisnis offline, katakanlah kalian sudah membuat sebuah toko/ ruko dan kalian sudah mendekorasi tempat tersebut dengan baik, namun kalian tidak melakukan kegiatan promosi sehingga akhirnya tidak ada orang yang mampir ke toko kalian tersebut, hingga yang terjadi adalah sepi nya penjualan, dan kalian hanya menanti-nanti pengunjung datang. Nah hal inipun berlaku untuk channel digital, apabila kalian tidak melakukan kegiatan promosi maka akun atau website kalian akan sepi pengunjung .oleh sebab itu promosi adalah hal yang wajib dilakukan. Di artikel sebelumnya kita sudah membahas dua jenis pengunjung, yaitu yg didatangkan secara organik dan didatangkan secara berbayar atau menggunakan iklan. Dari pengalaman yang saya rasakan brand/bisnis yang menggunakan iklan mengalami pertumbuhan yang jauh lebih cepat, bahkan tidak sedikit saya jumpai brand2 baru yang langsung menggunakan aktifasi digital secara optimal menembus omset ratusan juta hanya dengan waktu beberapa bulan saja semenjak berdiri, Hal ini sangat mungkin terjadi karena dua hal penting sudah terpenuhi yaitu memiliki website serta
aktif beriklan sehingga pertumbuhan pengunjung sangat cepat sehingga akhirnya cepat pula dalam pertumbuhan omset mereka. saya akan coba sedikit menjelaskan iklan digital , sebenarnya sangat banyak platform yang dapat dipakai sebagai media beriklan namun kali ini saya hanya akan sharing untuk yang wajib nya saja kita lakukan , kenapa wajib, karena platform nya adalah platform2 utama serta budget nya pun dapat kita sesuaikan dengan kemampuan bisnis kita . pertama yang wajib dan harus kamu ketahui adalah facebook ads, disini kamu dapat menjangkau seluruh platform milik facebook seperti instagram, facebook,whatsapp ,serta beberapa placement ,ilik fcebook grup lainnya. Seperti yang kita tau instagram saat ini adalah salahsatu primadona sosmed yang sangat digemari, sehingga beriklan disini dirasa sangat efektif. kedua, google ads, disini kamu dapat memasang iklan di beberapa platform anak perusahaan google, sperti iklan kata kunci (sem) di google search, google display network yang berbentuk tampilan image di berbagai portal, serta yang paling menarik adalah iklan video di youtube yang pasti sering juga kalian merasakan mendapatkan iklan di chanel2 di atas.tiba-tiba kalian mendaptkan gambar atau video dengan tulisan ads / spronsored, maka itulah contoh iklan digital . Konsep iklan sebenarnya secara sederhana dapat kita samakan seperti Sales Promotion Girl yang akan mendatangi kita kemudian menawarkan produk. Semakin menarik spg dan produk yang ditawarkan maka semakin sulit pula kita untuk menolak nya. Begitupun iklan digital, jadi pertama, iklan akan di tayangkan dengan target orang2 yang menurut kita sesuai dengan produk market bisnis kita ,contohnya saat ada sebuah bisnis brand hijab maka mereka akan menargetkan iklan nya ke pada para wanita dengan usis tertentu,di lokasi tertentu,dan memiliki minta tetentu.hal yang sangat komplek dapat kita atur pada setingan iklan supaya iklan kita sampai pada orang2 yang tepat yang akhirnya dapat terconversi menjadi sales dengan efektif. kemudian yang kedua ,kita kemas penawaran dengan sebaik mungkin , apabila mereka tertarik maka mereka akan melakukan klik pada iklan kita
kemudian diarahkan ke website kita, dimana produk2 dan penawaran yang menarik sudah menanti, setelah itu mereka akan membeli produk kita.sederhana nya seperti itu. Namun tentu saja pada praktek nya ada hal-hal teknis yang harus kamu pelajari untuk dapat membuat dan menjalankan sebuah iklan yang efektif. Dan seperti halnya website apabila kamu merasa sulit untuk mengerjakannya sendiri maka banyak sekali agensi digital marketing yang siap membantu kamu untuk membuat dan mengatur iklan kamu dengan efektif. Oke teman2 itulah dua hal yang harus dimulai sebagai langkah awal kalian dalam memulai channel digital untuk mengembangkan bisnis kalian, Pada artikel kali ini kita sudah membahas kedua poin utama , pada artikel selanjutanya akan kamu share juga bagaimana membuat website yang baik untuk sebuah bisnis . terimaksih atas waktu nya . sampai jumpa di artikel selanjutnya .
Kontributor
M.A.A.S
Advertiser di Marketlab Agency