Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keuntungan bisnis adalah dengan meningkatkan penjualan. Dengan penjualan yang meningkat, bisnis pun bisa semakin berkembang dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Namun, menjaga kekonsistenan agar penjualan terus meningkat tidak selalu mudah. Terkadang ada cara yang berhasil, ada juga yang tidak. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan, mulai dari platform yang digunakan, harga, model bisnis, pelayanan, dan banyak lagi. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnismu.

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memperkuat branding. Brand merupakan identitas dari bisnismu. Dengan branding yang kuat, konsumen akan lebih mudah mengenal dan mengingat brand kamu. Selain itu, brand yang kuat juga membantumu untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

Untuk memperkuat brand, pastikan elemen-elemen brand-mu mulai dari logo, visual, warna, slogan, dan lain-lainnya sesuai dengan karakteristik atau citra yang ingin kamu bangun maupun dengan target audiensmu.

Semakin luas jangkauan bisnismu, semakin banyak orang yang tahu tentang bisnismu. Artinya, semakin tinggi juga kemungkinan penjualanmu meningkat. Untuk memperluas jangkauan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memperbanyak platform penjualanmu.

Kenapa? Karena mungkin saja beberapa orang yang masuk ke dalam target audiensmu tidak menggunakan platform penjualan yang kamu gunakan. Misalnya kamu berjualan di media sosial, bisa saja orang-orang yang mencari produk yang kamu jual tidak bermain media sosial sehingga mereka tidak tahu mengenai bisnismu.

Supaya kamu bisa menjangkau mereka, kamu bisa memperbanyak platform penjualan, misalnya dari yang tadinya hanya berjualan di media sosial kemudian juga berjualan di marketplace. Dari sana, kamu bisa menjangkau lebih banyak target konsumen atau bahkan menemukan target audiens yang baru.

Dalam memanfaatkan berbagai platform penjualan, kamu juga perlu mempelajari karakteristik dari platform tersebut. Misalnya kamu berjualan di marketplace, kamu harus tahu kategori produk apa yang biasanya dibeli orang lewat marketplace tersebut. Jika kamu berjualan lewat Instagram, kamu perlu setidaknya memahami algoritmanya sehingga penjualanmu bisa optimal.

Untuk meningkatkan penjualan, kamu tidak harus selalu membicarakan atau menjual produkmu secara langsung. Kamu bisa menarik perhatian target konsumenmu lewat konten yang menarik. Hal ini terutama penting jika kamu berjualan lewat media sosial dan website.

Salah satu faktor yang dilihat orang sebelum mengikuti suatu toko online dan membeli barangnya adalah konten dari bisnis tersebut. Apakah kontennya baik dari segi visual maupun isinya menarik atau bermanfaat? Dengan membagikan konten yang menarik, orang akan terdorong untuk melihat-lihat kontenmu yang lain atau mencari tahu lebih lanjut soal bisnismu.

Bagaimana cara membuat konten yang menarik bagi target konsumen? Kamu bisa mempertimbangkan kira-kira konten seperti apa yang relevan dengan target audiensmu dan masih berhubungan dengan produk yang kamu jual. Misalnya kamu menjual pakaian perempuan, kamu bisa membagikan cara-cara memadukan pakaian yang kamu jual untuk berbagai tipe style.

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan promo dan penawaran. Agar target konsumenmu lebih tertarik, kamu bisa berikan batas waktu pada promomu sehingga tingkat urgensi lebih tinggi.

Ada banyak tipe promo yang bisa kamu berikan, mulai dari promo untuk first-time shopper, buy 1 get 1, cashback, diskon, bundling, dan sebagainya. Kamu juga bisa menerapkan upselling dan cross-selling. Upselling adalah strategi untuk mendorong konsumen agar membeli model yang lebih mahal atau fitur tambahan dari produk yang ingin dibeli. Misalnya jika kamu menjual rice bowl, kamu bisa menawarkan kepada calon pembeli untuk menambah bumbu atau telur.

Sementara cross-selling adalah strategi untuk mendorong konsumen membeli produk tambahan yang berkaitan dengan produk yang ingin dibeli. Misalnya jika kamu menjual laptop, kamu bisa tawarkan kepada konsumen untuk sekalian membeli tas atau screen protector.

Jika penjualanmu stagnan, kamu bisa memeriksa kembali harga barang yang kamu jual. Apakah sudah sesuai dengan yang dijual di pasaran? Jika terlalu mahal, orang akan ragu untuk membeli dan akhirnya beralih ke kompetitor. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu murah orang akan khawatir dengan kualitas produk yang akan mereka terima.

Jika terlalu mahal, kamu bisa menawarkan produk serupa dengan harga yang lebih murah, misalnya dengan menawarkan ukuran produk yang lebih kecil. Jika terlalu murah, kamu bisa menaikkan harga sembari menginfokan kepada konsumen mengenai kualitas dan manfaat dari produkmu agar mereka tetap tertarik.

Agar pengalaman berbelanja konsumen nyaman dan lancar, kamu bisa menyediakan berbagai macam metode pembayaran. Terkadang ada konsumen yang tidak jadi melakukan transaksi karena metode pembayarannya tidak sesuai dengan yang biasa ia pakai. Sangat disayangkan, bukan?

Dengan menawarkan metode pembayaran yang beragam, kamu bisa lebih menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan dan kebiasaan konsumen. Apalagi, sejumlah aplikasi pembayaran online menawarkan poin untuk tiap transaksi yang dilakukan. Konsumen jadi bisa lebih tertarik untuk membeli produkmu.

Selain menarik pelanggan baru, pelanggan yang sudah ada juga perlu kamu perhatikan ya. Kamu bisa menerapkan berbagai strategi untuk menjaga loyalitas pelanggan. Misalnya dengan membagikan info mengenai promo terbaru atau paket spesial kepada mereka. Kamu bisa membuat promo spesial khusus pelanggan lama supaya mereka betah berbelanja denganmu. Bisa juga dengan mem-follow up mereka setelah mereka selesai bertransaksi. Dari sana, kamu juga bisa mendapatkan masukan berharga untuk mengembangkan bisnis.

Salah satu aspek yang diperhatikan calon pembeli saat mempertimbangkan untuk membeli sesuatu adalah rating dan review. Dengan memiliki review yang bagus, konsumen akan lebih yakin dengan kualitas produk yang dijual. Apalagi beberapa platform penjualan khususnya marketplace memungkinkan penggunanya untuk melihat produk berdasarkan ulasan.

Selain bisa meyakinkan konsumen, ulasan juga menunjukkan keterbukaan dan kejujuranmu sebagai penjual. Maka itu, setelah transaksi selesai kamu bisa meminta konsumen untuk memberikan review mereka. Tampilkan review atau testimoni tersebut pada platform penjualan yang kamu gunakan.

Jika kamu memiliki modal lebih, tak ada salahnya untuk memasang iklan pada platform penjualanmu. Dengan beriklan, tokomu akan lebih terekspos dan menjangkau lebih banyak orang. Terlebih lagi, banyak platform penjualan yang sudah memungkinkan penjual untuk menyesuaikan iklan mereka dengan target audiens. Agar iklan efektif, gunakan kata-kata dan visual yang menarik rasa penasaran. Kamu bisa menonjolkan manfaat dari produkmu ataupun membagikan promo pada iklan.

Pada akhirnya, pelayanan menjadi faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan bisnis. Pelayanan di sini mencakup banyak hal mulai dari kecepatan membalas chat, gaya komunikasi yang ramah dan sopan, kualitas produk, kecepatan pengiriman, jaminan, dan banyak lagi. Lewat pelayanan yang berkualitas, kamu juga bisa jadi lebih unggul dari kompetitor sehingga pembeli lebih memilih untuk berbelanja denganmu.

Kamu bisa menjaga kualitas pelayananmu misalnya dengan memberi kepastian waktu pengiriman, kapan barang dikirim dan kapan barang sampai. Di Lalamove, kamu bisa melakukan pengiriman barang dengan instan sehingga pembeli bisa mendapatkan barang yang mereka pesan dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa melacak pengiriman secara real-time sehingga konsumen pun merasa aman saat memesan barang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu pun bisa mengoptimalkan penjualan dan mengembangkan bisnismu. Jangan lupa juga untuk mengevaluasi kinerja bisnis secara berkala sehingga kamu bisa terus berinovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *