Menjalankan bisnis termasuk juga bisnis online bukan hanya soal berjualan produk. Di dalamnya ada banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis online kamu, salah satunya kualitas pelayanan.
Kualitas pelayanan yang buruk bisa membuat konsumen kecewa dan akhirnya tidak mau kembali berbelanja. Akibatnya kamu bisa kehilangan pelanggan dan pendapatan bisnis online-mu jadi tidak optimal. Maka itu, kualitas pelayanan harus terus dijaga dan ditingkatkan agar pelanggan merasa dilayani dengan baik dan mendapatkan pengalaman yang memuaskan.
Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pelaku untuk meningkatkan kualitas pelayanan bisnismu:
Akses Pelayanan yang Mudah Dijangkau
Pertama-tama, pastikan layanan pelangganmu mudah diakses oleh konsumen. Apabila konsumen kesulitan menghubungi kamu, mereka bisa merasa kurang mendapatkan pelayanan yang responsif. Maka itu, pastikan kamu memiliki layanan yang mudah dijangkau.
Apabila memungkinkan, gunakan beberapa platform untuk layanan pelanggan, misalnya di Whatsapp, DM Instagram, marketplace, Facebook, dan sebagainya. Dengan hadir di berbagai platform, kamu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan.
Memberikan Respons yang Cepat dan Personal
Sebagian besar konsumen mengaku bahwa mereka akan lebih cenderung untuk membeli suatu produk apabila brand responsif. Maka itu, kecepatan respons juga penting untuk diperhatikan. Jangan sampai konsumen malah beralih ke kompetitor karena responsmu lambat.
Selain cepat, sebaiknya juga berikan respons yang personal alih-alih respons otomatis atau template. Respons template bisa digunakan untuk beberapa situasi, misalnya saat konsumen ingin membeli produk. Namun, hindari terlalu sering memberikan respons template. Pelanggan tentu akan lebih senang apabila merasa dilayani dan diperhatikan secara langsung.
Memberikan Jawaban atau Solusi yang Tepat
Bukan hanya soal respons yang cepat, kamu juga harus bisa memberikan jawaban atau solusi yang tepat atas kendala atau pertanyaan konsumen. Berikan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi konsumen. Artinya kamu juga harus benar-benar memahami produk yang kamu jual sehingga bisa menjawab setiap pertanyaan konsumen yang berkaitan dengan produk.
Melakukan Follow Up
Usai masalah terselesaikan atau konsumen telah melakukan transaksi, bukan berarti komunikasi antara kamu dan konsumen selesai. Apabila terjadi masalah, lakukan follow up kembali dengan konsumen untuk memastikan bahwa masalah benar-benar telah teratasi dan konsumen merasa puas dengan kualitas pelayanan yang didapat. Apabila konsumen telah menyelesaikan transaksi, pastikan bahwa mereka telah menerima barang yang mereka pesan.
Sediakan Ruang untuk Feedback
Feedback dari pelanggan penting lho untuk mengembangkan bisnis online! Maka itu, pastikan kamu menyediakan ruang bagi pelanggan untuk memberikan feedback. Misalnya dengan menanyakan tanggapan mereka setelah menerima produk atau meminta masukan dari mereka. Bisa juga dengan mengadakan survei kecil-kecilan. Dari feedback yang kamu dapat, kamu bisa menggunakan feedback positif sebagai testimoni sehingga calon pembeli pun semakin percaya.
Pengiriman yang Cepat dan Aman
Terakhir, pastikan kamu bisa memberikan jaminan bahwa barang akan cepat sampai dalam kondisi yang aman. Kualitas pengiriman juga merupakan bagian dari kualitas pelayanan yang baik. Semakin cepat barang sampai, pelanggan pun akan semakin puas.
Gunakan jasa pengiriman yang mampu memfasilitasi pengiriman yang efisien serta menjaga keamanan barang. Jangan sampai, barang sampai dengan cepat tetapi malah diterima dalam keadaan rusak. Hal ini merupakan salah satu kendala yang banyak dihadapi oleh bisnis online.
Oleh karena itu, Lalamove berupaya untuk membantu para pelaku UMKM termasuk bisnis online dengan menyediakan pengiriman yang cepat, aman, dan berkualitas. Fitur real-time tracking Lalamove memungkinkan pebisnis melacak pengiriman sehingga bisa memberikan update kepada konsumen. Hubungan antara pelaku bisnis dan pelanggan pun bisa terjalin dengan baik.